Oct
03
2017
03
2017
--
Oct
03
2017
03
2017
--
Pengaruh Islam terhadap Renaissance, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta Perbukuan. Oleh : Maryono
Abstrak
Semenjak Renaissance, terjadi banyak sekali penemuan (invention), baik itu dalam tataran teoretis (scientific objectives) untuk pengembangan pengetahuan, ataupun dalam tataran praktis (practicial objectives) untuk diterapkan. Hal yang mungkin tidak atau belum dipahami adalah faktor pendorong, berupa latar belakang pengaruh budaya dan pemikiran Islam terhadap renaissance . Tulisan yang singkat ini akan membahas pengaruh budaya pemikiran Islam terhadap perubahan masa renaissance.
Pendahuluan
Al-Quran turun diawali dengan perintah untuk membaca, dalam hal ini terdapat dua jenis ayat yang diperintahkan untuk dibaca, ayat kauniyah dan Qouliyah. Ayat kauniyah (yang tercipta) berupa alam semesta (QS:Ali Imran : 190-191). Ayat kauliyah (yang terucap) berupa ayat – ayat suci Al-Quran (QS:Al Alaq :1,3). Keduanya merupakan jalur untuk mengenal Allah SWT. Mempelajari ayat kauniyah berupa alam semesta menggunakan ilmu-ilmu fisika, kimia, geografi, geologi, astronomi, dan ilmu falak. Mempelajari manusia dari segi fisik menggunakan ilmu biologi dan kedokteran, dari segi psikis menggunakan ilmu psikologi, dari segi kelompok manusia menggunakan sosiologi, ilmu lingkungan, komunikasi, ekonomi dan sejarah. Mempelajari ayat kauliyah berupa wahyu menggunakan ilmu ulum Al-Quran, ulum Al-Hadits, tafsir, fikih, ilmu kalam dan tasawuf. Kedua jalur bukan untuk dipertentangkan, ilmu agama dan ilmu non-agama tidak bertentangan. Dalam sejarah peradaban Islam, ulama yang mendalami agama dapat menjadi filosof dan dokter, seperti Ibnu Sina.
Sep
29
2017
29
2017
--
Innamal A’malu Binniyat
Hadits Tentang Niat:
عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ.