Oct
06
2017

Statistik Perpustakaan dan Kualitas Informasinya ( Library Statistics And Its Information Quality ). Oleh: Maryono

Abstrak

Informasi statistik yang dihasilkan  dari sistem informasi perpustakaan, ataupun dari kegiatan operasional dapat diintegrasikan secara vertikal, dalam bentuk ringkasan statistik, yang berguna untuk menyusun kebijakan, dan keputusan. Informasi bagi manajemen, informasi bagi pustakawan, dan informasi bagi pihak luar yang terkait (stakeholder). Informasi yang relevan bagi pihak-pihak tersebut, sangat bermanfaat sebagai dasar untuk membuat keputusan manajemen, sebagai dasar analisis riset pustakawan, sebagai dasar pembuatan dukungan perpustakaan. Statistik perpustakaan sangat berharga, merupakan kumpulan data dan fakta secara empirik. Penelitian ini mengkaji  informasi statistik yang diproduksi oleh sistem informasi perpustakaan UGM pada tahun 2014, dengan menggunakan kriteria kualitas informasi.

Kata kunci: informasi, statistik perpustakaan, sistem informasi perpustakaan, pengambilan keputusan

 

Abstract

Statistical information generated from the library information system, or from operating activities can be integrated vertically, in the form of summary statistics, which are useful for formulating policies and decisions. Information for management, information for librarians, and information related to outside parties (stakeholders). Relevant information is very useful as a basis for making management decisions, as the basis for the analysis of the librarian’s research, and also as the basis for library support. Library Statistics are very valuable, consists of a collection of empirical data and facts. This study examines the statistical information produced by the Gadjah Mada University library information system in 2014, using the information quality criteria.

Kata kunci: information, library statistics, library information system, decision making

STATISTIK PERPUSTAKAAN full

Written by masyono in: Statistik Perpustakaan |

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker