Untuk mengetahui ilmuwan yang memperoleh sitasi tertinggi, dan berpengaruh paling besar terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dapat dilihat melalui beberapa lembaga pengindeks sitasi dan penyelenggara pemeringkatan. Beberapa lembaga yang telah menyelenggarakan pemeringkatan, merinci peringkat dengan kategori tertentu. Kategori untuk merinci wilayah negara tertentu, subyek bidang ilmu tertentu, ataupun pada tahun tertentu.

Pemeringkatan disusun berdasarkan indeks perolehan sitasi. Adanya pemeringkatan harus disyukuri, karena dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan riset pada kategori tertentu. Pemeringkatan juga telah merubah suasana menjadi lebih kompetitif, memacu kreasi dan inovasi di berbagai bidang ilmu, yang tentunya bermanfaat bagi kesejahteraan manusia.

Salah satu lembaga pemeringkatan yang populer yaitu oleh Cybermetrics Lab, lembaga yang melakukan pemeringkatan webometric, pemeringkatan web universitas. Pemeringkatan tersebut berdasarkan data sitasi dari  Google scholar, yang dapat diakses di  http://www.webometrics.info/en/node/96.

Gambar 1 pemeringkatan ilmuwan oleh webometrics

Pemeringkatan ilmuwan juga diselenggarakan oleh Shanghai Jiao Tong University, China yaitu Academic Ranking of World Universities (ARWU). Lembaga tersebut memeringkat ilmuwan untuk tahun 2016. http://www.shanghairanking.com/The-Most-Cited-Researchers-Developed-for-ShanghaiRanking-Global-Ranking-of-Academic-Subjects-2016-by-Elsevier.html#

Gambar 2 peringkat ilmuwan dunia pada 2016

 

Selain lembaga di atas, Web of science juga melakukan pemeringkatan ilmuwan dalam  website https://clarivate.com/hcr/. Peringkat ilmuwan dengan sitasi tertinggi disebut dengan “Highly Cited Researchers” yaitu 1% peneliti yang mendapat sitasi tertinggi dalam database Web of Science.

Gambar 3 Highly Cited Researchers

Silakan mencoba

Daftar pustaka

Webometrics. http://www.webometrics.info/en/node/96. 9 Februari 2018 pk 8:45 am

Academic Ranking of World Universities (ARWU). http://www.shanghairanking.com/The-Most-Cited-Researchers-Developed-for-ShanghaiRanking-Global-Ranking-of-Academic-Subjects-2016-by-Elsevier.html#. 9 Februari 2018 pk 8:50 am

Web of science. https://clarivate.com/hcr/. 9 Februari 2018 pk 8:58 am

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.